Tahapan Hubungan Yang Harus Diketahui

Tahapan Hubungan Yang Harus Diketahui

Bila manusia mempunyai karakter yang menempel untuk menyendiri dan berbahagia tentunya harus diketahui tentang Tahapan Hubungan yang sedang di jalani.

Kemungkinan komunitasnya akan jauh semakin sedikit dan setiap kita akan tempati pulau individu kita sendiri.

Tetapi, untungnya dan sayang, kita ialah pribadi yang paling berkembang, untuk siapa menyukai dan disayangi ialah keperluan yang paling fundamental. Karena itu ada pada suatu hubungan ialah opsi yang kita tentukan, untuk pastikan “Berbahagia selama-lamanya”.

Tahapan Hubungan Yang Harus Diketahui, Agar Kamu Bisa Lebih Membenahi Hubungan Kedepannya

Tetapi, seiring waktu berjalan, cuman hubungan itu yang ketinggalan, dengan sedikit atau tanpa kebahagiaan. Ini muncul karena kita condong lupakan makna sesungguhnya dari sebuah hubungan.

Saat Anda berjumpa seorang dan jatuh hati, Anda kemungkinan memikir jika Anda akan pergi ke arah matahari tenggelam dan hidup berbahagia selama-lamanya. Minimal itu yang disebutkan semua film Disney dan humor romantis ke kita, kan?

Baca Juga: Belajar Usaha dari Kylie Jenner

Yah, sama seperti yang kita semua paham, tidak selamanya sukses semacam itu.

Bila Anda bertanya di step apa hubungan Anda, dan apa itu “normal” atau ke arah musibah, karena itu ada banyak riset untuk menolong Anda tentukan apa yang perlu dilaksanakan. Ada 10 step khusus hubungan yang kemungkinan Anda alami.

Dengan begitu, perkenankan saya mengawali dengan menjelaskan ada beberapa tipe mode step hubungan di luaran sana, tapi saya akan konsentrasi cuman pada satu mode oleh Dr. Mark Knapp sebab ini ialah teori classic yang diterima secara baik.

Apa Tingkatan Satu Hubungan?

Menurut Dr. Knapp, ada sepuluh tingkatan berlainan dalam sebuah hubungan. Meski begitu, ada banyak hal yang terjadi sepanjang babak ini. Walau ada sepuluh step yang lain, mereka dipisah jadi dua step yang lain: babak bergabung dan pisahkan diri.

Silahkan kita awali dengan babak Coming Together:

Babak Coming Together

Tahapan Hubungan Yang Harus Diketahui diawali pada satu tempat, kan? Terang tidak seluruhnya hubungan diawali secara sama. Beberapa pasangan kemungkinan berjumpa di program kencan, sesaat lainnya berjumpa lewat rekan atau pada tempat kerja.

Lepas dari bagaimana pasangan mengawali, ada tahapan-tahapan berlainan dalam babak bergabung.

  1. Step Inisiasi

Step ini terjadi saat Anda pertama kalinya berjumpa seorang. Itu berganti basa-basi dan bukti mengenai diri Anda. Ini ialah step “mengenali Anda” yang baru. Di titik ini, konsentrasi Anda sejumlah besar pada atribut dangkal seperti performa dan bagaimana orang itu tampilkan diri.

  1. Step Uji coba

Bila Anda sukses melalui step inisiasi (dan banyak yang tidak), karena itu Anda akan masuk step eksperimen. Sebagian orang gagal selama ini sebab mereka mendapati suatu hal pada step pertama yang tidak demikian mereka gemari. Sepanjang uji coba, Anda mengeruk lebih dalam ketertarikan dan nilai seseorang.

  1. Step Pengokohan

Step ini kadang disebutkan step “kebahagiaan”. Argumennya ialah sebab semua sesuatunya mulai jadi lebih serius dan intensif. Anda sudah cukup mengenali keduanya hingga Anda saat ini pengin share info yang lebih dalam dan intim mengenai diri Anda sama orang lain. Hati mulai tumbuh dan ada keceriaan mengenai ada dalam hubungan itu.

  1. Step Integratif

Saat ini sesudah Anda sah jadi pasangan dan mempunyai hati keduanya, dalam step integratif, Anda mulai akan memadankan hidup Anda bersama. Anda meningkatkan kegiatan rutin dan rutinitas sebagai pasangan. Keluarga dan rekan Anda pun mulai mengenal Anda sebagai satu kesatuan. Dalam kata lain, Anda sudah berbeda dari “saya dan kamu” jadi “kita”.

  1. Step Ikatan

Sebab Anda saat ini melihat diri Anda sebagai satu kesatuan, bukan dua pribadi, step ikatan ialah saat loyalitas riil condong terjadi. Anda berdua benar-benar percaya dengan ikatan yang Anda punyai, jadi Anda akan tinggal bersama atau mungkin menikah. Tiap orang mempunyai triknya sendiri untuk memperlihatkan ikatan, tapi bagaimana juga, step ini mengikutsertakan beberapa loyalitas resmi di mata warga.

Babak Coming Apart

Kita pengin berbahagia dan hidup berbahagia selama-lamanya, tapi itu tidak ada pada banyak pasangan. Apa Anda telah menikah, tinggal bersama, atau cuman berkencan, babak pisah terjadi pada umumnya dari kita pada satu waktu atau yang lain.

Berikut tingkatan dari babak pisah:

  1. Step Pembandingan

Jadi edan cinta dan berjalan di Cloud 9 tidak tahan lama. Bahkan juga dalam hubungan yang paling berbahagia, hidup tidak selamanya prima. Tapi bila Anda sudah masuk step pembanding, karena itu Anda kemungkinan ke arah perpisahan. Ini ialah saat saat Anda mulai menyaksikan ketidaksamaan, perbedaan, dan mulai menyaksikan retakan di unit Anda.

  1. Step Circumscribing

Step ini hanya lanjutan dari step pembanding. Anda menjauhi keduanya, Anda memutuskan batas untuk diri kita, komunikasi terputus, dan Anda jadi makin tidak intim (dalam segalanya – secara emosional, psikis, dan fisik). Anda mulai menyaksikan diri Anda sebagai pribadi saat ini lebih dari yang Anda kerjakan awalnya. Unit makin tergerai. Bakal ada beberapa kesalahan, sikap protektif, dan sakit hati.

  1. Step Stagnasi

Dalam babak ini, Anda tak lagi ke mana juga dalam hubungan itu. Anda berhenti. Pikir mengenai kolam dengan ganggang di atasnya. Itu tidak bergerak; air cuman diam di situ dan tumbuhkan semakin banyak benda kotor di atasnya. Itu yang terjadi sepanjang step ini. Pembelahan nyaris usai. Apatis bahkan bisa saja terjadi – pada salah satunya atau ke-2 faksi.

  1. Step Penghindaran

Step ini mengikutsertakan penghindaran – baik secara fisik, psikis, emosional, atau segala hal di atas. Satu dari Anda kemungkinan berpindah ke luar rumah, yang mengakibatkan perpisahan yang sesungguhnya. Atau Anda masih tinggal di bawah satu atap, tapi Anda tidak betul-betul bicara atau berhubungan kembali. Anda seperti dua rekan sekamar yang tidak begitu kompak, jadi Anda usaha menghindar keduanya sedapat mungkin.

  1. Step Pemberhentian

Pada step terminasi, hubungan sah usai. Bila pasangan telah menikah, karena itu perpisahan diawali atau dituntaskan. Bila Anda tinggal bersama, karena itu salah satunya atau ke-2 nya secara fisik keluar dan membuat perpisahan jadi final. Secara singkat, ini ialah saat hubungan secara emosional dan / atau hukum usai.

Kenapa Penting untuk Pahami Tingkatan Satu Hubungan?

Hubungan susah untuk beberapa orang, tapi tidak harus semacam itu. Sering, beberapa orang yang membuat mereka susah sebab emosi dan sikap negatif mereka.

Banyak permasalahan muncul karena orang tidak demikian dekat dengan babak hubungan yang lain ini. Makin banyak kesadaran yang kita punyai, makin gampang untuk membenahi hubungan saat permasalahan mulai tampil.

Poin utama yang penting diingat di sini yaitu bila Anda mendapati hubungan Anda dalam babak Coming Apart, Anda tak perlu patah semangat. Anda selalu bisa kembali bangkit ke babak Coming Together. Diperlukan usaha keras dan loyalitas dari kedua pihak, tapi Anda dapat hidupkan kembali hubungan yang nampaknya ke arah musibah.

Mengenali di step mana hubungan Anda memungkinkannya Anda jadi lebih pro aktif dengan membenahi hubungan. Tetapi, beberapa hubungan tidak bisa diperbarui dan harus dilepaskan. Terserah Anda dan pasangan untuk memutus di mana Anda ada hingga Anda berdua bisa mendapati kebahagiaan yang patut Anda peroleh baik tanpa atau dengan keduanya.